Jumat, 05 Juli 2013

Propolis

Tentang  propolis

Sekilas pengertian propolis yaitu Propolis adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah
Tentang sekilas pengertian propolis untuk pengobatan dan pencegahaan
madu,yang dikumpulkan  dari pucuk daun-daun muda untuk kemudian dicampur dengan enzim tertentu dari dalam tubuhnya, yang berfungsi untuk menambal dan mensterilkan sarang

Tidaklah berlebihan jika para pakar kesehatan menyatakan ,bahwa propolis adalah sebuah produk supleman yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit?Belum percaya atau bahkan tidak percaya?

Mungkin setelah membaca artikel ini ,anda akan percaya,karena mengetahui kehebatannya dalam mengatasi gangguan penyakit baik yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri maupun dari keturunan .

Hal tersebut akan menjadi mungkin  karena di dalamnya mengandung  berbagai jenis mineral,vitamin,16 macam amino,dan bioflavonoids.Semua elemen yang ada tersebut sangat diperlukan tubuh dalam rangka perbaikan sel,pertumbuhan dan penyembuhan penyakit.


Proses Pembentukan

Propolis merupakan komponen utama yang berfungsi untuk melindungi lebah dari berbagai serangan virus dan bakteri.Ini menunjukkan bahwa komposisi nya  adalah produk herbal yang aman dikomsumsi oleh manusia.

Proses pembentukan nya diawali dari sekumpulan lebah madu yang mengumpulkan resin  atau zat kental  yang didapatkan  dari berbagai jenis kulit batang pohon ,pucuk pucuk daun muda  serta  beragam bunga tumbuhan yang berbalsam .

 Lebah  membawa resin kesarang dengan menggunakan  kaki kakinya,yang bila kita tilik dengan seksama  kaki belakang lebah seperti membawa pelet serbuk sari tumbuhan.
Semua bahan tersebut dicerna ,diolah dan dicampur dengan air liur lebah dan bahan sejenis lilin.

Setelah semua bahan tadi merata barulah kemudian olahaan ini diambil  dari lapisan teratas  yang terdapat pada sarangnya.Dalam tahap ini  berfungsi  sebagai penambal sarang. Jumlah  yang dihasilkan umumnya sangat berlimpah,berbentuk kental dan agak lengket.

Tanaman yang ditempeli oleh lebah madu sangat mempengaruhi komposisi di dalamnya yang akan dihasilkannya. Setelah diadakan penelitian ,ternyata olahan  yang telah dihasilkan tersebut mampu merubah aroma ,warna,dan karakteristik zat alami ataupun kimia lainnya yang bersentuhan dengannya

.Maka tidaklah mengherankan jika propolis dapat dikomsumsi bersamaan dengan obat obatan lain untuk jenis penyakit tertentu.
Sifat dari nya adalah sebagai disinfektan ,yaitu anti-bakterial agent. Mengkonsumsi nya dalam jangka panjang dapat menghindari manusia dari berjangkitnya bakteri  dan bahkan dapat mereduksi sel kanker.

Manfaatnya

Sebagian besar penyakit yang dialami manusia berasal dari bakteri,jamur dan virus.
Sejak tahun 90-an ,telah banyak dilakukan pengembangan dan penelitian. Propolis tidak ada tanggal kadaluarsa dalam penggunaannya. Menjadikan olahan semakin menarik ketika dikemas secara modern.

Diantara manfaat propolis bagi kesehatan dan keseimbangan tubuh adalah

Sebagai anti oksidan dan imunostimulan  yang dapat memberikan manfaat bagi kekebalan tubuh,karena mengandung bioflavanoid yang merupakan sekumpulan nutrien yang banyak mengandung vitamin C. Propolis dapat membantu mengaktifkan kelenjer thymus sebagai sistem imunitas tubuh .
Kandungan 16 jenis  asam amino dan proteinnya dapat meregenerasi kembali sel yang lemah ataupun rusak.

Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang bisa membunuh semua kuman yang masuk ke dalam sarang . mereka meliputi sarangnya dengan propolis ,agar dapat melindungi semua yang ada didalam sarang tersebut{seperti: ratu lebah, telur, larva lebah, madu dan semua yang ada didalam sarangnya.}dari serbuan kuman,virus atau bakteri

Zat-zat  yang terkandung dalam propolis tersebut adalah :

semua Vitamin kecuali vitami
semua Mineral yang dibutuhkan tubuh kecuali Sulfur.
16 rantai Asam amino esensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel.

Bioflavanoid, yaitu zat antioksidan sebagai suplemen sel. Menurut penelitian, kandungan Bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.

Sebagai pengobatan alami; mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Fungsi pengobatan meliputi hal-hal sebagai berikut :
sebagai antibiotic alami, antiviral dan sekaligus antifungal alami tanpa efek samping.

Dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya :thypus, diare/muntaber dan sebagainya.

Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.

Dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya : demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya
.
Dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jamur, misalnya : eksim, panu, keputihan, kerombe dan sebagainya

Sebagai Anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya :maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka baker dan sebagainya.

Sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya : kanker tumor, mium, kista dan Sebagainyberfungsi untuk membersihkan pembulu darah dan detoksifikasi
berfungsi sebagai pembuangan racun, misalnya : asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus dan sebagainya..

Sebagai penetral racun dalam tubuh dan sekaligus anti oksidan kuat
Dapat meningkatkan System kekebalan tubuh

Para ahli atau pakar kesehatan dunia mengakui akan kehebatan propolis, sebagai obat untuk penyembuhan beragam penyakit.

Inilah  ulasan singkat seputar propolis,semoga bermanfaat

Baca juga yang ini